Gambaran Proses Pendidikan Serta Pembinaan Mental dan Pembentukan Karakter Selama Menempuh Pendidikan Sekolah Penerbang TNI

Authors

  • Abdi Darnain Program Studi Magister Managemen, Universitas Sahid Jakarta
  • Edison Edison Program Studi Magister Managemen, Universitas Sahid Jakarta
  • Sembiring Sembiring Program Studi Magister Managemen, Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.57096/edunity.v1i03.22

Keywords:

Pendidikan Mental, Pembentukan Karakter, Penerbangan TNI

Abstract

Kondisi  terdapatnya kecelakaan pesawat  sangat ditentukan oleh pilot sebagai pengemudi dan pemegang keputusan pertama  setelah  pesawat mengudara.  Salah satu  sarana Pembentukan karakter Mental dan Motivasi terhadap budaya pilot di Indonesia selain berasal dari alumni Sekbang IDP/PSDP TNI, mayoritas karakter Mental dan Motivasi juga terbentuk dari Institusi Pendidikan Penerbangan tertua di negeri ini, yakni Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI-Curug).   Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai : (1) proses pembinaan serta pembinaan mental Sekolah penerbangan TNI , (2) gambaran pembinaan motivasi sekolah penerbang TNI. Metode yang digunakan dalam penetian ini a adalah dengan melakukan  studi pustaka dan sumber informasi lainnya dengan pendekatan secara deskritif ekspolatif. Hasil dari penelitian ini memberikan simpulan bahwa pendidikan di sekbang TNI terdiri dari : Pendidikan selama enam bulan di Lanud Adisumarno Solo,Pendidikan selama duapuluhtigabulan di Lanud Adisucipto Yogyakarta dan Pendidikan elama enam bulan di lembaga pendidikan masing masing Angkatan, bentuk pembinaan mental terdiri atas 3 yaitu pembinaan mental rohani keagamaan (Binroh), pembinaan mental ideologi kebangsaan (Bintalid) dan pembinaan mental tradisi dan kejuangan (Bintra Juang)

References

Aldily, R. (2017). 101 Amazing Public Relation Ideas. Anak Hebat Indonesia.

Hernawanti, N. (2020). Peran Pembimbing Kemasyarakatan Terhadap Klien yang Ditempatkan di LPKS I’anatush Shibyan Lingunggunung Banjarsari Kab. Pangandaran. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 2(2), 8–15.

Husein, M. S. (n.d.). Pola Komunikasi Organisasi Bintal Tni Au Atang Sendjaja Bogor.

Ilyas, A., & Humaniora, J. S. (2017). Studi Kritis Konsep dan Aplikasi Pembinaan Mental TNI AD.

Juniar, I. (2017). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEGAWAI MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KABUPATEN TIMUR. Jurnal Paradigma (JP), 6(2), 59–67.

Lubis, S. A., Abdurrahman, A., & Prandana, A. (2021). Pembinaan Mental Agama Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Prajurit Di Masjid Ar-Ridha Komplek Angkatan Laut Barakuda. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 94–113.

Martono, H. E., Rinaldi, R., Mubarok, A., Putra, R. H., & Tirtanto, J. P. E. (2021a). Pendidikan Dasar Penerbang (Pilot) Dalam Lingkup Pendidikan Tinggi Vokasi. SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 14–20.

Martono, H. E., Rinaldi, R., Mubarok, A., Putra, R. H., & Tirtanto, J. P. E. (2021b). Pendidikan Dasar Penerbang (Pilot) Dalam Lingkup Pendidikan Tinggi Vokasi. SKYHAWK: Jurnal Aviasi Indonesia, 1(1), 14–20.

Salsabil, D. (2021). Religiusitas Prajurit sebagai Integrasi Keberagamaan dengan Nasionalisme pada Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(3), 433–452.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Septiani, D., Gurning, E. H., Murafer, E. I., Sulistio, H., Loekman, I., Uswanas, I. v, Ijie, L., Gaussyah, M., Hidayat, N., & Hutabarat, R. F. (2012). Penyiksaan di Bumi Cendrawasih: Studi Tentang Realitas dan Toleransi Penyiksaan di Propinsi Papua. Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Siswosoediro, H. S. (2009). Buku pintar calon anggota TNI. Visimedia.

Tempo, T. B. (2016). Seri Tempo: Kartosoewirjo. Kepustakaan Populer Gramedia.

Wahyuni, S. (2019). ANALISIS TERHADAP KESELAMATAN PENUMPANG PESAWAT TERBANG YANG MENGALAMI PECAH BAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Jurnal Hukum Sasana, 5(2).

Wijaya, A., Sisca, S., Silitonga, H. P., Candra, V., Butarbutar, M., Sinaga, O. S., Hasibuan, A., Efendi, E., Priyojadmiko, E., & Simarmata, J. (2020). Manajemen Operasi Produksi. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2022-11-10